Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Mardiana Listyowati memimpin Forum Dialog agenda promosi dagang tahun 2025, bertempat di kantor Kementerian Perdagangan, Senin (16 Des).
Acara ini bertujuan untuk mensinkronisasi kegiatan promosi dagang, baik pameran maupun misi dagang di luar negeri, yang untuk selanjutnya akan dikoordinasi oleh Kementerian Perdagangan sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 29 tahun 2021.
Mardyana menyampaikan koordinasi ini merupakan langkah bersama untuk penajaman promosi dagang ke pasar luar negeri secara lebih sinergis dalam rangka meningkatkan kinerja ekspor nonmigas khususnya UMKM.
Rapat dihadiri oleh para pemangku kepentingan terkait dari Kementerian dan Lembaga, antara lain Kemenko Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Luar Negeri, Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi, Kementerian UKM, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Dalam rapat, para peserta menyampaikan berbagai masukan yang mendukung promosi dagang Indonesia khususnya produk UMKM, seperti pemanfaatan Indonesia Trading House, program CSR BUMN, serta kolaborasi antar kementerian dalam menyelenggarakan atau menjadi peserta pada pameran dagang internasional.
Kementerian Perdagangan bersama instansi terkait selanjutnya akan menyusun agenda promosi tahun 2025 yang dapat diakses secara terbuka terutama bagi para pelaku UMKM berorientasi ekspor, termasuk melalui platform Inaexport.