Search

Rapat Koordinasi Kemendag Bersama KNEKS

  Dengarkan Berita Ini


Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Arief Wibisono melakukan pertemuan koordinasi dengan Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah Kominte Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Putu Rahwidhiyasa, bertempat di Kementerian Perdagangan pada Jumat, (26 April).

Pertemuan tersebut membahas fokus sinergi program kerja serta komitmen bersama terhadap peningkatan akses pasar global bagi produk halal Indonesia.

Pada kesempatan ini Direktur Arif menyatakan, untuk mempercepat ekspor produk halal Indonesia, sinergi program tidak hanya menargetkan negara-negara dengan mayoritas muslim tetapi juga menjangkau pasar global yang lebih luas.

Sinergi antar lembaga dan peningkatan infrastruktur pendukung ekspor diharapkan tidak hanya akan memperkuat posisi Indonesia sebagai pemain kunci di pasar halal dunia, tetapi juga membawa pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Dalam upaya mempercepat ekspor produk halal Indonesia dirancang beberapa program kerja yang sinergis termasuk memastikan perhitungan nilai ekspor produk halal sesuai kode HS yang disepakati, untuk konsistensi data.

Selanjutnya, akan dilakukan pula penyusunan Market Intelligence potensi pasar ekspor produk halal, menambahkan fitur halal pada platform Inaexport, serta memfasilitasi penyebaran informasi mengenai ekspor produk global Indonesia.