Search

Bedah Data Potensi Kinerja Perdagangan Sektor Animasi, Komik, dan Gim

  Dengarkan Berita Ini


Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Arief Wibisono berbicara pada kegiatan Bedah Data Potensi Kinerja Perdagangan Sektor Animasi, Komik, dan Gim (ACG) di Jakarta, pada Selasa (23 Juli).

Bedah Data diselenggarakan oleh Badan Kebijakan Perdagangan (BKPerdag) Kementerian Perdagangan sebagai salah satu langkah penyusunan rekomendasi kebijakan perdagangan untuk mendukung sektor ACG.

Kegiatan dibuka oleh Kepala BKPerdag Kasan, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa sektor industri kreatif khususnya ACG telah menunjukkan perkembangan yang luar biasa dan memiliki potensi besar untuk berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Oleh karena itu diperlukan sumber data yang akurat untuk mendukung penyusunan rekomendasi kebijakan perdagangan yang tepat.

Pada kesempatan ini, Direktur Arief mengatakan pentingnya membangun ekosistem yang baik bagi perdagangan jasa, khususnya untuk memperluas akses pasar dan daya saing industri digital termasuk sektor ACG.

Hadir dalam kegiatan, perwakilan K/L dan asosiasi, antara lain Direktur Continuum Indef, Omar Abdillah; Ketua Asosiasi Cipta Kreasi Indonesia (CAKRA), Ivan Chen; Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI), Eka Chandra; Direktur Pengembangan Big Data INDEF; perwakilan Asosiasi Komik Indonesia (AKSI); perwakilan Asosiasi Gim Indonesia (AGI); Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi; Kepala Pusat Kebijakan Perdagangan Internasional; dan Sekretaris Badan Kebijakan Perdagangan.